Thursday, February 7, 2013

Al Muwaffaq


Ia adalah Muwaffaquddin Abu Muhammad Abdul Lathif seorang anak ahli fikih yaitu Yusuf bin Muhammad Al Maushili, Al Baghdadi Asy-Syafi’i, seorang pendatang di Halab, seorang syaikh, Al Imam, ulama fikih, nahwu, bahasa, seorang dokter, ia mempunyai jiwa seni, dahu ia dikenal dengan julukan Ibnu AlLabad.
Ia dilahirkan di Baghdad pada tahun 557 H.

Al Muwaffaq berkata, “Aku belajar dari banyak orang, aku juga telah hafal kitab Al Maqamat, dan Al Fashih serta Diwan Al Mutanabbi, juga beberapa kitab ringkasan fikih dan ringkasan nahwu, aku juga telah hafal kitab Adab Al Katib, dan Musykil Al Qur`an karya Ibnu Qutaibah, kitab AlLuma’ juga telah aku hafalkan, kemudian aku menelaah kitab Al Idhah dan aku telah menghafal syarahnya, lalu aku juga telah hafal kitab At-Takmilah hanya dalam beberapa hari, setiap harinya aku menghafal satu buku catatan, di sela-sela daripada itu aku juga tidak lalai untuk belajar hadits dan fikih kepada Ibnu Fadhlan.”

Al Muwaffaq berwasiat, “Seyogianya kalian mempelajari  sirah pada masa awal munculnya Islam, maka pelajarilah sirah nabawiyyah, kalian ikuti perbuatan-perbuatan beliau, kalian ikuti jejaknya, selanjutnya kalian menyerupai beliau sebisa mungkin, karena barangsiapa yang tidak pernah bersusah payah dalam mencari ilmu, maka ia tidak akan merasakan lezatnya ilmu tersebut, barangsiapa yang tidak bekerja keras, ia tidak akan sukses, jika engkau kebetulan sedang tidak dalam keadaan menuntut ilmu maka gerakkanlah lidahmu untuk berdzikir, terlebih khusus ketika sedang tidur, jika engkau bergembira karena dunia, maka ingatlah akan mati, dan kefanaannya. Jika engkau tertimpa suatu masalah, maka kembalikanlah (kepada Allah SWT) jika engkau sedang lengah maka beristighfarlah, ketahuilah bahwa agama merupakan cahaya dan pelita yang menuntun para pengikutnya dan menunjukinya, wahai penghidup hati yang mati dengan keimanan, selamatkanlah kami dari hawa nafsu yang menghancurkan, bersihkan kami dari kotornya dunia menuju ikhlas kepada-Mu.” Karya-karya Al Muwaffaq sangat banyak.
Al Muwaffaq wafat di Baghdad pada tahun 629 H.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan isikan komentar dengan bahasan yang santun

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home